Langsung ke konten utama

SAKAMOTO RYOMA EFFECT


Sakamoto Ryoma adalah adalah politikus sekaligus pengusaha yang memimpin gerakan menggulingkan kekuasaan Keshogunan Tokugawa dalam periode Bakumatsu di Jepang. Setelah lari meninggalkan dinas sebagai samurai Domain Tosa, ia mendirikan perusahaan ekspor-impor yang sekaligus organisasi politik (asosiasi ronin) bernama Kameyama Shachū/Kaientai. Sebagai tokoh pendiri Aliansi Satchō dan pengembalian kekuasaan kepada kaisar, ia aktif sebagai aktivis politik pada akhir zaman Edo. Dalam usia muda, 31 tahun, Ryōma tewas terbunuh di sebuah penginapan di Kyoto ( pembunuhnnya diyakini adalah Para penyerang Pro-Tokugawa , tetapi dalang dari peristiwa ini tetap menjadi misteri hingga hari ini.)

Apa Kontribusi terbesar sakamoto Ryoma ?

Hiroki Ochiai, seorang profesor sejarah Jepang di Universitas Meiji, mengatakan Sakamoto memainkan peran penting dalam menyatukan pemerintah Satsuma dan Choshu, yang memiliki hubungan buruk. Kedua kelompok, yang telah berperang pada satu titik, membentuk aliansi setelah Sakamoto menjembatani kesenjangan di antara mereka.

"Ryoma dapat mengoordinasikan pakta antara dua pemerintah yang kuat, karena pada saat itu dia tidak berafiliasi dengan pihak ketiga dan beroperasi sendiri," kata Hiroki Ochiai . "Kedua pemerintah ini berada di ambang pertempuran satu sama lain dan tidak mungkin bagi mereka untuk bernegosiasi langsung."

Apa kah dia popular dimasa sekarang ?


Mantan Menteri Kehakiman, Kunio Hatoyama mengatakan dia ingin "memainkan peran Sakamoto Ryoma" dalam membuat anggota parlemen lainnya bersatu dalam partai politik baru. Dia juga pergi ke TV untuk mengungkapkan bahwa dia jauh terkait dengan tokoh sejarah. Rupanya, sepupu istri sepupu Hatoyama adalah cicit dari kakak perempuan Sakamoto. Karakter Gintama,Sakamoto Tatsuma diciptakan berdasarkan Sakamoto Ryoma. Sakamoto Ryoma beserta istrinya, oryuu , juga muncul digame Fate Grand Order dengan Class Rider.


Masa depan jepang seperti apa yang ingin Sakamoto Ryoma lihat ?

Surat-surat Sakamoto sering kritis terhadap sifat birokrasi Keshogunan Tokugawa. “Saya bertekad kuat untuk melawan birokrat yang pengkhianat ke negara mereka dan membersihkan mereka. . . . Saya berniat mencuci Jepang sekali lagi, ”tulisnya kepada kakak perempuannya Otome pada Agustus 1863.

"Ryoma membayangkan sebuah negara di mana masyarakat dapat bersatu di bawah kekuatan yang tidak memihak, berharap untuk menciptakan sebuah negara di mana pendapat massa lebih kuat daripada satu tokoh tunggal," kata Ochiai dari Universitas Meiji. "Dengan kata lain, meskipun tinggal di bawah shogun, dia sudah meramalkan prospek untuk menciptakan majelis nasional."

Apa yang membuat Sakamoto Ryoma sangat popular ?

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Lifenet Insurance Co. pada bulan Januari, 14,2 persen dari 1.000 orang yang disurvei mengatakan Sakamoto Ryoma paling cocok disebut sebagai "Barack Obama versi Jepang" karena ia inovatif dan menunjukkan kepemimpinan yang kuat yang mengubah negara .Ochiai mengatakan keinginan penuh semangat Sakamoto untuk membangun negara baru dan tindakannya yang bersemangat bebas terus bergaung dengan orang-orang muda maupun tua.

“Ryoma kebanyakan bertindak sendiri tanpa menerima perintah dari atasannya. Dia juga tetap setia pada keyakinannya, sementara tidak pernah bertindak demi keuntungan atau ketenaran pribadi, ”kata Ochiai. "Tidak biasa seseorang dapat melakukan itu, dan itu adalah karakteristik yang sangat menarik bagi banyak orang Jepang modern."

Tetapi ahli sejarah juga memperingatkan agar tidak mengambil terlalu banyak dari novel Ryotaro Shiba "Ryoma ga Yuku," yang menguak pencapaian Sakamoto dan menghilangkan beberapa fakta kunci.

“Novel ini adalah kisah tentang seekor serigala yang sendirian yang menyebabkan perubahan mendasar di Jepang, tetapi jelas hal-hal yang tidak sesederhana itu,” kata Ochiai, menjelaskan bahwa banyak kawan Sakamoto juga memainkan peran penting dalam restorasi Meiji.

source : -Japan times news

             - Wikipedia

             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STEMPEL GIOK KEKAISARAN

STEMPEL GIOK KEKAISARAN Stempel Giok Kekaisaran adalah salah 1 dari 23 benda berharga yang telah hilang sejak lama. Stempel ini diukir dari Heshibi, sebuah potongan dari Batu giok yang suci. Pada tahun 221 S.M , Qin Shi Huang telah menyatukan wilayah tiongkok dan membangun dinasti Qin. Qin Shi Huang menyuruh  orang membuat stempel giok dari Heshibi yang bersala dari kerajaan Zhao. Pada stempel itu tertulis kata “Telah menerima mandat dari surga, smoga kaisar menjalani hidup yang Panjang dan sejahtera “ Tulisan ini ditulis oleh Perdana Mentri, Li Shi dan diukir menjadi Stempel oleh Sun Shou. Stelah kematian kaisar kedua Qin , Ziying dan dilanjutnya dinasti baru yaitu Dinasti Han . pada saat itu stempel giok itu diketahui sebagai Stempel Giok Kekaisaran Han. Pada masa akhir pemerintahan Dinasti Han Barat , Wang Mang, raja baru, memaksa permaisuri han utk menyerahkan stempel giok. Permaisuri Han yang marah pun langsung membuang stempel giok tersebut . akibatnya, sudut

XIONGNU , SUKU BARBAR DARI UTARA

XIONGNU , SUKU BARBAR DARI UTARA Suku Xiongnu adalah salah 1 suku proto-mongol yang mendiami wilayah wilayah Mongolia dan Siberia. Pada catatan Sima Qian, asal usul suku ini sama dengan bangsa Tiongkok, yaitu berasal dri keturunan China yaitu dari keurunan Xia Houshi yang bernama *Chunwei. Sejak pada masa dinasti Zhou, Suku Xiongnu menggangu ketentrraman daerah perbatasan di wilayah utara. Seperti penggambaran Sima Qian, Xiongnu suka merampok dan menjarah daerah pembatasan. Biasanya mereka akan menyerbu dalam gerombolan berkuda, lalu merampasi ternak, bahan makanan, sampai menawan orang menjadi budak . Negeri Zhao dan negeri Qin yang berbatasan dengan Xiongnu  membangun tembok tinggi yang nantinya tembok ini akan disempurnakan pada masa dinasti Qin oleh, Qin Shi Huang dan tembok ini sampai sekarang dikenal dengan nama Tembok Besar ( Great Wall Of China ). *Chunwei adalah putra dari Xia Houshi, putra dari raja Fa dari Xia yang melarikan diri ke utara Ketika dinasti Xia jatuh dan diganti

GONGSUN ZAN, PEMIMPIN DENGAN PASUKAN KUDA PUTIH

Gongsun Zan adalah seorang pemimpin daerah wilayah Liaodong . Pada masa kecilnya dia bersama Liu Bei belajar dibawah pengawasan Lu Zhi . Pada saat itu, pejabat daerah memuji penampilan Gongsun Zan yang mengesankan dan suaranya yang lantang , jadi dia mengatur agar putrinya menikahinya. Pada tahun 177, Gongsun Zan memulai karirnya sbagai pejabat kecil di kota Liao Xi. Namun pada tahun 180, Liu Ji ( Pejabat tinggi administratif di kota Liao Xi ) diduga melakukan pellangaran berat sehingga dikirim ke Luo Yang. Gongsun Zan sbagai bawahan pun turut mengantarnya ke Luo Yang sampai menemaninya di Pengasingan ,Runan ( Liu Ji divonis hukum pengasingan ). Sikap tersebut menjadi inspirasi bagi banyak orang dan reputasinya pun tersebar luas . Reputasi baik ini akhirnya membuat Gongsun Zan terpilih sbagai calon pejabat dan menjalani masa percobaan slama 3 tahun . Gongsun Zan memilih Liaodong untuk menjalani masa percobaan disana. tak lama kemudian dia dipilih menjadi kepala distrik di wilayah Liaod